RI Mengurungkan Kebijakan Bebas Visa Bagi WN China Sementara Waktu

Dibuat kebijakan baru, Menteri luar negeri Retno Marsudi mengurungkan untuk warga negara China secara resmi akan dihentikan sementara penggunaan bebas visa kunjungan dan visa on arrival bagi semua warga China dikarenakan menyebarnya virus corona tersebut.

”Peraturan yang sudah diterapkan memberikan fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival, yang diberikan WN RRT, diwilayah mainland China sementara dihentikan terlebih dahulu,”kata Retno di Pangkalan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2).

Retno, Menteri luar negeri juga belum memberitahukan jika sampai kapan kebijakan pemberhentian sementara visa untuk warga kenegaraan China itu akan diambil oleh pemerintah RI.

Dan juga dia, Retno Menteri luar negeri juga mengatakan jika pemerintah RI juga akan membuat larangan untuk pemegang paspor China masuk dan transit ke kawasan Indonesia. Larangan ini juga akan berlaku untuk warga asing yang juga melakukan perjalanan ke Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir.

”Persona dari China yang telah tiba dari daratan China dan yang sudah tiba selama 14 hari, untuk sementara tidak dapat izin masuk ke wilayah RI dan juga tidak diperbolehkan transit di Indonesia,” tambah retno.

Retno mengatakan jika pemerintah akan turut menunda untuk semua penerbangan langsung dari dan juga menuju ke China untuk sementara waktu. Untuk penundaan tersebut akan dilangsungkan pada hari Rabu pukul 00.00 WIB.

”Untuk maskapai dari China akan ditunda untuk sementara waktu. Akan berlangsung pada hari Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB,” imbuhnya.

Dari pemerintahan Indonesia juga akan menutup sementara waktu penerbangan maskapai dari dan menuju China. Untuk peraturan ini akan berlangsung mulai Rabu (5/2) pada pukul 00.00 WIB.

Untuk paspor China dan warga asing yang sedang mengunjungi Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir akan resmi dilarang transit dan memasuki wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *